KEGIATAN POKOK EKONOMI

BAB 14
KEGIATAN POKOK EKONOMI

Produksi
Nilai guna barang
1.       Nilai guna dasar (elementary utility)
Contohnya adalah padi, jagung
2.       Nilai guna tempat (place utility)
3.       Nilai guna kepemilikian (own utility)
4.       Nilai guna jasa (service utility)
5.       Nilai guna waktu (time utility)
Bidang produksi
1.       Eksploitasi secara langsung/ produksi ekstraktif
2.       Kegiatan mengolah alam/ produksi agraris
3.       Kegiatan mengolah barang jadi menjadi barang setengah jadi
4.       Industri manufaktur
Faktor produksi
1.       Sumber alam  (tanah, air, iklim, barang tambang)
2.       Tenaga kerja manusia (kerja fisik maupun psikis)
Tenaga kerja dibagi menjadi :
-          Terdidik/ skilled labour
-          Terlatih/ trained labour
-          Pekerja kasar yang tidak terdidik/ unskilled labour
3.       Modal (uang, peralatan, perlengkapan)
Modal tetap : digunakan lebih dari sekali dalam kegiatan produksi
Modal lancar : modal yang digunakan dalam sekali produksi
4.       Pengusaha/ wirausahawan
Kemampuan wirausaha dibagi mejadi :
-          Kemampuan manajerial : kemampuan untuk mengelola faktor-faktor produksi dengan berbekal ilmu dan pengalaman
-          Kemampuan teknis : kemampuan untuk menggunakan teknik atau cara produksi yang tepat dan mendukung terciptanya efiseinsi dan efektifitas usaha
-          Kemampuan organisasi : kemampuan untuk mengorganisasikan seluruh kegiatan produksi baik internal maupun eksternal
Distribusi
Proses penyaluran barang dari produsen sampai ke tangan pemakai atau konsumen
Distributor : orang atau lembaga yang melakukan kegiatan distribusi
Dengan adanya distribusi makan nilai jual suatu barang akan semakin tinggi.  Karena dengan adanya distribusi maka barang dari produsen dapat sampai ke konsumen sehingga siap untuk memenuhi kebutuhan.
Distribusi langsung : penyaluran barang yang bersifat langsung. Misalnya : bakso, nasi goreng
Distribusi tidak langsung : penyaluran barang mealui pedagang atau age. Misalnya : baju, tas, sepatu
Lembaga-lembaga distribusi
-          Perantara dagang  (merchant middleman) : orang atau badan yang membeli barang dari produsen untuk kemudian menjualnya lagi kepada konsumen
a.       Pedagang besar/ grosir : pedagang yang melaksanakan jual beli dalam jumlah besar dengan membeli langsung dari produsen kemudian menjual kembali barang tersebut dalam jumlah besar pula ke pedagang eceran
b.      Pedagang kecil/ eceran/ retailer : pedagang yang melaksanakan pembelian barang dagangan dalam jumlah besar kepada pedagang besar kemudian menjual kembali kepada pedagang yang lebih kecil dalam bentuk eceran
-          Perantara khusus : perantara yang membantu menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen karena ada alasan khusus
a.       Agen/ dealer : seseorang atau lembaga yang melaksanakan perdagangan sebagai wakil dari produsen yang bertanggung jawab atas penjualan produk tetapi mereka tidak mempunyai hak untuk memiliki barang yang diperdagangkan
b.      Makelar : oragn atau organisasi yang bertindak sebagai perantara yang kegiatannya menjualkan atau membelikan atas nama orang lain. Upah yang diterima oleh seorang makelar disebut kurtasi
c.       Komisioner : oragn atau badan yang bertindak sebagai perantara dalam perdagangan yang menjual atau membeli barang untuk orang lain tetapi atas nama sendiri. Komisioner menguasai atau memiliki barangnya dan tidak hanya mempertemukan penjual dan pembeli. Upah yang diterimanya disebut komisi
-          Eksportir/ importir : pelaku perdagangan yang melakukan kegiatan antar negara
a.       Importir : individu atau organisai perantara perdagangan yang mendatangkan barang dari laur negri ke dalam negri
b.      Eksportir : individu atau organisasi sebagai perantara yang melakukan kegiatan pengiriman barang ke negara lain yang membutuhkan
Konsumsi
Berbagai kegiatan menggunakan/ memanfaatkan/ mengamati barang/ jasa untuk memnuhi kebutuhan
Konsumen : orang yang melakukan kegiatan konsumsi
Faktor yang mempengaruhi konsumsi
1.       Perbedaan kekayaan
2.       Selera
3.       Perbedaan cauca dan iklim

4.       Perbedaan pendidikan 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENYUSUNAN INSTRUMEN NON TES

POPULASI DAN SAMPEL

INTERAKSI SOSIAL DAN SOSIALISASI