Jadi guru banget?

Dari gue masih sma gue emang udah kepikirann buat jadi guru. Kenapa? Karena waktu itu gue mikir jadi guru pekerjaan yg mulia, santai dan paling fleksibel soal waktu. Apalagi pas sma gue udah mikirin kalo nanti jadi ibu rumah tangga, gue ga mau lama ninggalin keluarga. Sampai akhirnya gue lulus dan kuliah pun masuk ptn dan keterima jurusan pendidikan. Pada saat itu gue merasa Tuhan merestui jalam gue yang punya cita-cita sebagai guru. Semester awal gue masih semangat banget jalanin perkuliahan yg sksnya banyak banget itu, lama kelamaan pas udah ditengah-tengah semester keidealisan gue yang punya cita-cita jadi guru mulai luntur. Kenapa? Karena kalo dikelas dimata kuliah khusus kependidikan sering bahas gimana nasib jadi guru di Indonesia. Gue mulai berpikir nanti kalo udah lulus mau kerja apa ya? Apa gue usaha aja? Tapi kalo jadi pengusaha kayanya kapasitas otak gue ga mencukupi dan skill berjualan gue lemah. Berangsur angsur gue akhirnya masuk semester akhir kuliah, sibuk sama skripsi dan printilan printilan syarat supaya gue bisa sidang. Pada saat itu gue mulai melupakn kata kata "nanti setelah lulus mau jadi apa ya" karena sibuk sama si skripsi itu. Oh iya pada saat masih kuliah pun gue emang udah ngajar dimana-mana, ngajar disekolah, tempay bimbel, privat semuanya gue coba. Dari mulai ngajar anak sd, sma,smk juga gue pernah coba.
Akhirnya gue lulus sidang dan sambil nunggu jadwal gue wisuda gue mulai ngelamar dimana-mana, secara tidak sadar gue cuma ngelamar disekolah sekolah. Mungkin itu cara tuhan buat meyakinkan gue kalo yaudahlah lo jadi guru aja!
Satu bulan pasca wisuda gue ngelamar ngajar, gue inget banget waktu itu gue micro teaching tentang cuaca dan iklim. Langsung di depan pemilik yayasan disekolah itu. Engga lama gue dihubungin sama sekolah itu kalo gue diterima ngajar disana. Dan setelah hampir satu semester ini gue ngajar disekolah itu plus jadi wali kelas. Ini tahun pertama gue benar benar dianggap sebagai guru resmi, waktu kuliah gue pernah ngajar disekolah smk, tapi kalo kata istilah gue kaya guru infalan, gue dibutuhin kalo mereka pas persiapan tes masuk ptn aja.
Tahun 2016 itu awal dimana gue harus dipaksa jadi dewasa buat bisa hidup dengan gaji uang gue terima itu.

Hari pertama gue jadi guru dan wali kelas gue udah ditelepon orang tua murid, mereka menanyakan soal anaknya. Ah gue bingung jawabnya, karena gue aja baru pertama kali masuk sebagai wali kelas baru siang dan sorenya ditelepon. Gue sampe pusing inget-inget wajah anak yg orang tuanya telepon itu.
Ini udah satu semester gue jadi guru. Belakangan ini gue sempet berpikir mau jadi profesi lain aja, engga tau kenapa. Tapi kadang mikir lagi, ini kan profesi yang gue harapin dari zaman sma. Gue rasa jadi guru itu punya tanggung jawab yang besar banget. Gue suka takut kalo gaji yang tiap bulan gue dapetin itu engga berkah karena gue merasa masih banyak kurangnya jadi guru. Tapi kalo engga mau jadi guru, gue mau jadi apa?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENYUSUNAN INSTRUMEN NON TES

POPULASI DAN SAMPEL

INTERAKSI SOSIAL DAN SOSIALISASI