GUNUNG API

Gungung Api
Menurut Mac Donald (1972)
Tempat / bukaan berasalnya batuan pijar (gas) dan umumnya keduanya, keluar ke permukaan bumi, sehingga bahan batuan tersebut berakumulasi membentuk bukit atau gunung
Menurut Bronto (2006)
Setiap proses alam yang berhubungan dengan kegiatan gunungapi, meliputi asal-usul pembentukan magma di dalam bumi hingga kemunculannya di permukaan bumi dalam berbagai bentuk dan kegiatannya

Setiap magma yang muncul ke permukaan bumi adalah gunungapi
Syarat – syarat terbentuknya Gunung Api : 
Daerah tersebut dilalui oleh Ring Of Fire - Gugusan Gunung Api yang terbentuk dari beberapa gugusan gunung api didunia, diantaranya; gugusan gunung api busur kepulauan, gugusan gunung api busur magmatic, dan gugusan gunung api punggungan tengah samudra, dan didalamnya terdapat zona tunjaman dan zona pemekaran.


Tipe gunung api berdasarkan tatanan tektoniknya yaitu adanya jalur tunjaman dan jalur pemekaran :
1.    Gunung api yang terbentuk oleh proses divergen (pemekaran) lantai samudra menghasilkan seri batuan toleeitik.
2.    Gunung api yang terbentuk pada proses convergen (penunjaman) membentuk proses pelelehan batuan yang menunjam, mengahasilkan seri magma kalk-alkali, alkalin, toleeitik.
3.    Gunung api yang terbentuk oleh proses rifting (hotspot) dibelakang busur kepulauan, menghasilkan seri batuan alkalin, yang kaya akan unsur K.

Tipe gunung api berdasarkan morfologi, batuan penyusun, produk material, tingkat eksplosive, Dibagi menjadi 4 tipe :
1.    Gunung api komposit : dicirikan oleh bentuk lereng berundak, kerucut simetris, dan tubuh yang besar. Tubuh gunung api tersusun atas perselingan lava, abu gunung api, endapan sinder, blok dan bom. Contoh : G.merapi, G.galunggung, G.Kelud, G.semeru, G.slamet, G. fuji.
2.    Gunung api perisai : tubuh gunung api perisai tersusun atas aliran2 lava yang mengalir kesegala arah, bentuk kerucut dengan kemiringan kecil bahkan datar, tubuh gunung dibentuk oleh pertumbuhan aliran lava basaltik secara perlahan. Contoh : G.Mauna Loa dan G. Kileau (hawai)
3.    Gunung api kubah lava : terbentuk dari kumpulan aliran lava yang muncul dipuncak seputar kawah, membentuk morfologi kubah, yang terbentuk dalam satu periode erupsi. Kubah lava terbentuk bila magma yang keluar bersifat kental. Contoh : G. merapi.

4.    Tipe gunung api kerucut scoria, maar, cincin tuf dan kerucut tuf, Kerucut scoria dan kerucut tuf adalah tipe gunung api terkecil dengan tinggi kurang dari 300m. komposisinya; kerucut scoria tersusun atas lapili-lava basalt, kerucut tuf tersusun atas abu (tuf) gunung api. Maar dan cicin tuf adalah tipe yang dihasilkan oleh erupsi eksplosif hidrovulkanik. Komposisi; maar mengandung material batuan dinding terfragmentasi yang lebih besar, cincin tuf mengandung fragmen2 material magmatik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENYUSUNAN INSTRUMEN NON TES

POPULASI DAN SAMPEL

INTERAKSI SOSIAL DAN SOSIALISASI